TENTANG KARIR JASA TUKANG LISTRIK - BATAM INFO DAN NEWS

JASA TUKANG LISTRIK PANGGILAN - BATAM INFO DAN BLOG

Tukang listrik adalah ahli perdagangan terampil yang merancang, memasang, merawat, dan memperbaiki sistem kelistrikan dan produk yang digunakan di rumah tinggal, bisnis, dan pabrik. Tenaga listrik bekerja di dalam atau di luar bangunan untuk memastikan lampu, peralatan industri, dan peralatan beroperasi dengan aman dan andal.


Ada banyak jenis listrik khusus, termasuk listrik perumahan, yang memasang kabel dan memecahkan masalah listrik di rumah, dan di dalam listrik, yang memelihara dan memperbaiki sistem kontrol, motor, dan peralatan listrik di bisnis dan pabrik. Banyak tenaga listrik menjadi kompeten dalam beberapa jenis pekerjaan listrik untuk meningkatkan kesempatan kerja mereka.

Panduan ini akan membantu Anda memutuskan apakah bekerja sebagai tukang listrik tepat untuk Anda.


Tanggung jawab

Sebagai tukang listrik, Anda bertanggung jawab untuk mendapatkan listrik dari sumbernya ke tempat konsumen individu dan bisnis dapat menggunakannya. Tanggung jawab spesifik yang terkait dengan pekerjaan ini dapat bervariasi, tergantung pada bidang spesialisasi, namun mungkin mencakup:

  • Merencanakan sistem kelistrikan untuk bangunan baru, termasuk posisi terbaik untuk outlet listrik, perlengkapan lampu, gerai pemanas, dan sistem ventilasi
  • Membaca dan menafsirkan cetak biru arsitek, diagram sirkuit, dan dokumen teknis lainnya
  • Instalasi sistem pengkabelan, pencahayaan, dan kontrol di gedung baru dan yang sudah ada, sesuai dengan peraturan pemerintah kota
  • Membentuk sirkuit listrik, dengan menghubungkan kabel listrik ke komponen dan perlengkapan dan pengujian sirkuit yang telah selesai
  • Memasang sakelar, panel pemutus arus, relay, dan peralatan kontrol dan distribusi listrik lainnya
  • Memasang gantungan dan kurung untuk mendukung produk listrik
  • Melakukan prosedur perawatan untuk menjaga sistem pengkabelan, pencahayaan, dan kontrol agar tetap bekerja dengan baik
  • Memeriksa pemutus sirkuit, transformer, dan komponen listrik lainnya untuk kesalahan
  • Menggunakan perangkat pengujian untuk mengetahui mengapa produk dan sistem listrik tidak berfungsi
  • Memperbaiki, mengganti, dan memperbaiki peralatan, perlengkapan, dan kabel listrik yang rusak atau usang, termasuk mengisolasi kesalahan untuk pengangkatan dan penggantian yang aman.
  • Pelatihan listrik lainnya dan arahkan mereka untuk melakukan tugas tertentu

Lingkungan kerja

Tenaga listrik dapat menghabiskan waktu mereka bekerja di dalam bangunan yang sedang dibangun atau renovasi atau di luar rumah pada sistem tenaga dan telekomunikasi. Mereka mungkin bekerja di ruang besar atau dalam kondisi sempit. Lingkungan kerja ini sering melibatkan kabel listrik langsung, sehingga bisa sangat berbahaya jika tindakan pencegahan yang tepat tidak dilakukan. Seringkali pekerja listrik bekerja secara independen dalam proyek, tapi mungkin juga merupakan bagian dari tim konstruksi yang lebih besar.

Tidak seperti banyak karyawan yang memiliki tempat kerja biasa, tukang listrik bekerja di tempat terpencil untuk jangka waktu tertentu, mulai dari satu hari sampai beberapa bulan, sebelum beralih ke pekerjaan berikutnya. Situs pekerjaan bisa jauh dari rumah tukang listrik. Ini tidak biasa bagi teknisi listrik untuk menempuh jarak 100 mil atau lebih dari rumah mereka untuk menyelesaikan pekerjaan.
Susunan acara

Tenaga listrik menikmati kesempatan kerja sepanjang tahun. Jam mereka bervariasi tergantung pada peran mereka. Pemeliharaan listrik biasanya memiliki pekerjaan rutin yang mereka selesaikan dalam minggu khas 40 jam. Sebagian besar melakukan jam kerja reguler di hari kerja dan biasanya tidak bekerja pada akhir pekan, hari libur, atau larut malam. Beberapa petugas listrik bekerja dalam panggilan dan melakukan jam ekstra untuk memecahkan masalah yang mendesak.

Sebaliknya, kontraktor listrik independen dan teknisi listrik junior yang bekerja di bawahnya tidak memiliki jam reguler seperti itu. Mereka mungkin memiliki jadwal sibuk satu minggu dan memiliki beberapa jam berikutnya. Bekerja sebagai kontraktor atau konsultan listrik independen memberi jadwal yang paling fleksibel kepada para teknisi listrik.
Kualifikasi apa yang dibutuhkan untuk menjadi tukang listrik?
pendidikan

Bekerja sebagai tukang listrik adalah salah satu pekerjaan terbaik yang bisa Anda amankan hanya dengan ijazah SMA atau setara.

Alih-alih bersekolah untuk mendapatkan gelar, tukang listrik mendapatkan pendidikan mereka di tempat kerja. Hal ini sering didapat melalui program magang yang berlangsung selama empat atau lima tahun. Magang harus berusia minimal 18 tahun, dengan ijazah SMA atau sederajat, dan satu tahun aljabar di belakangnya. Mereka juga harus lulus tes bakat dan ujian pelecehan penyalahgunaan zat.

Selama magang, trainee trainee harus menyelesaikan 144 jam per tahun pelatihan teknis, di mana mereka belajar tentang cetak biru, keselamatan dan praktik pertolongan pertama, persyaratan kode kelistrikan, matematika, dan teori kelistrikan. Selain itu, magang berpartisipasi dalam 2.000 jam pengalaman praktis di tempat kerja setiap tahunnya.

Kurang umum, teknisi listrik menghadiri sekolah teknik. Kursus mereka mencakup informasi dasar listrik, praktik keselamatan, dan sirkuit. Lulusan sekolah teknik biasanya menerima kredit terhadap program magang.

Sebagian besar negara Bagian A.S. mengharuskan teknisi listrik memegang lisensi. Situs Asosiasi Kontraktor Listrik Nasional menawarkan informasi tentang persyaratan lisensi masing-masing negara.

Tukang listrik sering menerima pelatihan berkelanjutan sepanjang karir mereka. Ini membantu mereka tetap berada di atas perubahan pada kode listrik, praktik keselamatan baru, dan cara menangani produk tertentu.
Pengalaman

Karena tukang listrik tidak memerlukan gelar, pengalaman mereka lebih penting daripada tingkat pendidikan mereka. Itulah mengapa pengalaman di tempat kerja adalah komponen utama program magang di seluruh negeri. Ini juga memperhitungkan gaji listrik berpengalaman yang relatif besar dibandingkan dengan karyawan baru.

Akibatnya, tukang listrik dengan pengalaman kurang dari satu tahun menghasilkan hanya 2 persen dari angkatan kerja, menurut PayScale. Akuntansi untuk 31 persen tenaga kerja, kebanyakan teknisi listrik memiliki pengalaman antara 10 sampai 19 tahun. Dua puluh empat persen teknisi listrik memiliki pengalaman minimal 20 tahun, 22 persen memiliki pengalaman antara satu dan empat tahun, dan 21 persen memiliki pengalaman antara lima dan sembilan tahun.

Statistik ini menunjuk pada nilai pengalaman tukang listrik yang membawa peran. Tenaga listrik yang bergairah tentang profesi mereka harus menemukan banyak peluang sepanjang karir mereka.

Keterampilan

Tenaga listrik mengandalkan berbagai keterampilan teknis dan atribut pribadi untuk unggul dalam posisi mereka. Meskipun atribut ini biasanya tidak tercantum pada deskripsi pekerjaan teknisi listrik, jangan meremehkan daya tarik mereka untuk mempekerjakan manajer:

Pemahaman standar kelistrikan - Tenaga listrik harus memenuhi standar yang diakui untuk semua instalasi dan perbaikan.

Memahami prinsip matematika dan ilmiah - Sementara teknisi listrik tidak memerlukan keterampilan matematika dan ilmiah yang maju, mereka akan menerapkan prinsip dasar dari disiplin ini dalam pekerjaan mereka.

Keterampilan pemahaman yang baik - Ini akan membantu tukang listrik menafsirkan dan memahami memo, cetak biru, dan dokumen teknis yang mereka dapatkan di situs pekerjaan baru.
Penglihatan mata yang tajam dan koordinasi mata-tangan - Bekerja dengan produk, komponen, dan sistem listrik adalah pekerjaan yang tepat yang bergantung pada tangan yang mantap dan penglihatan yang sangat baik.

Pekerja mandiri - Sementara teknisi listrik dapat bekerja sebagai bagian dari tim konstruksi yang lebih besar, posisi ini cenderung menjadi peran tersendiri yang sesuai dengan orang-orang yang lebih suka bekerja sendiri.

Manajemen waktu - Sangat penting bagi teknisi listrik untuk menyelesaikan pekerjaannya dalam mengelola waktu mereka dengan baik dan menyelesaikan proyek sesuai jadwal.

Perhatian untuk keselamatan - Tenaga listrik bekerja di lingkungan berbahaya yang menempatkan mereka pada risiko guncangan dan luka bakar, jadi penting untuk berhati-hati.

Pemikiran Kritis - Setelah pengujian produk dan sistem, petugas listrik menggunakan data yang mereka kumpulkan untuk mendiagnosis masalah dan menentukan solusi terbaik.

Keterampilan pemecahan masalah logis - Ketika produk dan sistem listrik gagal, tukang listrik harus berpikir logis untuk menemukan solusi atas masalah ini.

Keterampilan layanan pelanggan - Memiliki sikap kepribadian membantu teknisi menangani pelanggan perumahan dan bisnis.

Daya tahan fisik - Tukang listrik sering harus berdiri atau berlutut untuk waktu yang lama, yang bisa membahayakan tubuh.

Kekuatan fisik - Tidak biasa bagi teknisi listrik untuk memindahkan komponen berat seberat 50 pound.

Kepemimpinan - Seiring kemajuan tenaga listrik dalam karir mereka, mereka akan diminta untuk mengelola pekerja magang dan teknisi listrik junior di tempat kerja.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TENTANG KARIR JASA TUKANG LISTRIK - BATAM INFO DAN NEWS"

Post a Comment