Tips : Mengantisipasi Kegagalan Untuk Bawahan Anda

Cara memotivasi Karyawan Dalam Mengantisipasi Kegagalan

Tips Mengantisipasi Kegagalan



Jika Anda seorang pemimpin, sebisa mungkin Anda harus membebaskan karyawan Anda dari rasa takut gagal. Galilah segenap kemampuan mereka untuk menghasilkan yang terbaik. Jika mereka gagal, bangkitkan kesadaran mereka untuk memandang kegagalan sebagai guru atau cambuk untuk mencapai sukses, bukan sebagai penghambat karir mereka. 


Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda kembangkan pada karyawan dalam mengantisipasi kegagalan:


Jangan biarkan karyawan Anda gagal


Bantulah mereka meraih keberhasilan dan kesuksesan. Komunikasikan sasaran dan tujuan pada mereka sejak awal. Ciptakan suasana yang lebih kondusif untuk pencapaian keberhasilan mereka. 

Antisipasi terjadinya kegagalan 


Kumpulkan informasi dan pikirkan semua kemungkinan penyebab keberhasilan dan kegagalan. Karena bersikap waspada jauh lebih baik daripada melakukan tindakan setelah terjadi kesalahan atau kegagalan. Namun bersikaplah realistis dalam memandang situasi dan kemampuan karyawan Anda. 

Pertimbangkan kerugian potensial akibat kegagalan 

Untuk menentukan kapan dan bagaimana mentolerir kegagalan karyawan, tanyakan pada diri sendiri hal-hal berikut: Apa kerugian bagi departemen dan perusahaan, karyawan, dan Anda sendiri? Bila kerugian yang mungkin terjadi terlalu besar, lakukan upaya-upaya untuk menghindarinya. 

Berikan petunjuk dalam menghadapi kegagalan 


Jangan biarkan karyawan Anda kehilangan kendali saat menghadapi kegagalan. Berikan saran, petunjuk, dan solusi yang dapat memberinya kekuatan. Namun perlu Anda tekankan pada mereka bahwa mengulangi kesalahan yang sama adalah suatu kebodohan. 

Hargailah karyawan yang berprestasi 


Berikan pengakuan dan penghargaan bagi mereka yang layak diperhitungkan. Bila perlu berikan pengakuan itu di depan karyawan lain. Namun, bila kemudian mereka gagal, hargailah keberanian dan jerih payah mereka. Karena seharusnya Anda harus lebih menghargai mereka yang berani mengambil keputusan meski keputusan itu kelak diketahui keliru. Mereka yang ragu-ragu dan tak melakukan apa-apa tak pantas mendapat penghargaan apa-apa. 

Jangan mempermalukan karyawan di depan karyawan lain 


Jangan sekali-kali menegur atau mempermalukan karyawan di depan karyawan lain atas kegagalan mereka. Ingatan mereka akan hal itu akan mengalahkan pujian yang pernah anda berikan. 

Tolerir kegagalan


Bila Anda menuntut standar yang tinggi yang tak dapat ditolerir, Anda menciptakan ketegangan yang menghambat kreativitas dan produktivitas. Sebaliknya, bila Anda mentolerir kegagalan tanpa standar keunggulan, maka Anda hanya memperoleh hasil yang biasa-biasa saja. Bukankah Anda hanya mentolerir kegagalan setelah dilakukan upaya keras dan memberikan kebebasan bagi karyawan untuk bertindak?

Pada intinya kegagalan memang menakutkan tetapi bukan berarti tidak bisa dihadapi. Justru jika Anda dapat berdamai dengan kegagalan, Anda bisa bangkit dan menjadikan kegagalan itu sebagai awal dari kesuksesan. Memang terdengar klasik, tapi pada kenyataannya, orang-orang yang sukses besar dalam kehidupannya adalah mereka yang tak gentar menghadapi kegagalan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips : Mengantisipasi Kegagalan Untuk Bawahan Anda"

Post a Comment